Potensi Desa

Desa Sowan Kidul merupakan desa yang berada di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara dengan luas wilayah kurang lebih 12 Ha dengan sebagian besar kawasan pertanian dan jumlah penduduk kurang lebih 6000 orang, Desa Sowan Kidul memiliki banyak potensi alam yang mumpuni khususnya pada sektor pertanian dan peternakan yang menyebabkan mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak.  Ada juga beberapa UMKM yang berkembang di Desa Sowan Kidul, yaitu usaha keripik singkong, telur asin, kerupuk, jenang, kacang oven, meubel, pengrajin kanopi, dll.

Potensi sumber daya alam dalam sektor peternakan di Desa Sowan Kidul merupakan potensi yang unggul. Ada berbagai jenis hewan yang diternakkan oleh masyarakat, yaitu: kambing, sapi, dan kerbau. Melihat kondisi alam dan geografis Desa Sowan Kidul -yang sebagian besar Kawasan pertanian- menjadikan pakan ternak tercukupi baik pada musim penghujan maupun musim kemarau. Sedangkan dalam sektor pertanian, Desa Sowan Kidul memiliki lahan persawahan yang cukup luas yaitu sekitar 30%  sehingga menghasilkan sumber daya alam seperti padi, jagung, ketela, dll.

Oleh karena sebagian besar mata pencaharian masyarakat desa adalah petani dan peternak, maka kedua potensi tersebut memiliki kontribusi ekonomi bagi masyarakat Sowan Kidul. Bahkan, dapat memungkinkan untuk dikembangkan menjadi daya tarik bagi masyarakat. Seperti contoh: tempat wisata alam. Tempat wisata alam menjadi sangat  memungkinkan untuk diciptakan di Desa Sowan Kidul mengingat sumber daya alam di desa tersebut sudah cukup sesuai. Untuk itu diharapkan agar sumber daya manusia di Desa Sowan Kidul dapat memaksimalkan potensi diri dengan menciptakan inovasi dari potensi sumber daya alam di desa.