PEMBERDAYAAN EKONOMI DESA: MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS BERINOVASI MELAKUKAN PERSONAL BRANDING UMKM DESA SOWAN KIDUL

(Pendataan  UMKM Keripik Singkong Ibu Srihatun

oleh Kelompok Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus)

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, mengakibatkan beberapa sektor perekonomian mengalami penurunan, tak hanya industri berskala besar, industri kecil dan menengah (UMKM) mendapatkan imbasnya. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah maupun pihak lainnya untuk UMKM Desa Sowan Kidul.

Dalam hal ini, tim Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 melakukan kegiatan pemberdayaan salah satu UMKM yang terdampak Covid-19 di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara. Tim Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 melakukan kontribusi nyata berupa pembuatan personal branding, packaging dan jangkauan pemasaran yang lebih luas terhadap UMKM Keripik Singkong dengan brand “Singkong-Q”. Proses branding tersebut dilakukan karena sebelumnya produk tersebut belum memiliki identitas. Dengan tidak adanya identitas menyebabkan produk menjadi sulit dikenal dan dipasarkan. Maka, personal branding menjadi solusi untuk masalah ini.

(Proses Produksi Keripik Singkong)

“Branding, inovasi, dan packaging produk merupakan poin penting dalam melakukan pemasaran agar terkesan menarik, memiliki citra tersendiri, mempermudah perluasan segmen pasar dan juga meningkatkan kualitas serta kuantitas produk” ujar Jawahirun Nafisatul Jannah selaku perwakilan tim Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021.

Andy Asyhari, M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan kelompok KKN-IK IAIN Kudus Desa Sowan Kidul mengatakan program tersebut sudah bagus dilakukan dalam rangka pengembangan UMKM Desa Sowan Kidul agar kedepannya sektor UMKM desa dapat berkembang dan dikenal oleh masyarakat umum dari berbagai daerah.

(Hasil pembuatan branding UMKM keripik singkong)

                Dalam pelaksanaan program kerja ini, tim Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus 2021 terfokus untuk melakukan pengamatan potensi ekonomi, serta problematika yang terdapat pada UMKM di Desa Sowan Kidul, sehingga dalam pelaksanaan program kerja dapat sesuai dengan tujuan serta terealisasinya kontribusi nyata berupa pemberdayaan UMKM di Sowan Kidul. Karena dalam kondisi covid yang tak kunjung usai ini, pengembangan usaha kecil perlu dilakukan agar usaha tetap berjalan bahkan menjadi lebih maju. (Tim KKN-IK IAIN Kudus)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan