MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS MENYELENGGARAKAN PELATIHAN HIDROPONIK BERSAMA IBU-IBU PKK DESA SOWAN KIDUL

Sowan Kidul- Senin (27/09/2021) Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus menyelenggarakan pelatihan hidroponik bersama ibu-ibu PKK Desa Sowan Kidul, yang bertempat di Balai Desa Sowan Kidul. Acara tersebut merupakan salah satu program kerja dari KKN-IK IAIN Kudus Desa Sowan Kidul. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa KKN memberikan pelatihan cara penanaman hidroponik secara sederhana dengan wick system yakni sistem sumbu. Ketua PKK, Hidayati mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN karena sudah ikut terlibat dalam kegiatan PKK pada hari ini.

“Saya sangat berterimakasih kepada mbak-mbak dan mas-mas KKN, karena sudah ikut andil dalam kegiatan PKK pada hari ini, serta berterimakasih pula atas ilmu yang diberikan” ucapnya.

Adapun narasumber dalam pelatihan penanaman hidroponik tersebut adalah saudara Syariful Anam, yang kebetulan adalah anggota dari KKN-IK IAIN Kudus, saudara Syariful Anam ini sudah beberapa kali mengikuti pelatihan penanaman hidroponik dan berpengalaman dalam merawat tanaman hidroponik selama 3 tahun.

Ia berpesan kepada ibu-ibu PKK, bahwa selalu kembangkan pikiran yang kreatif dan inovatif, salah satu contohnya dengan cara memanfaatkan lahan yang sempit dengan tanaman-tanaman yang bernilai jual tinggi. Dan ia juga mengucapkan banyak terimakasih banyak kepada seluruh ibu-ibu PKK dan teman-teman KKN yang telah mensukseskan acara pelatihan tersebut.

Kepada seluruh peserta, Tim KKN-IK IAIN Kudus berharap apa yang disampaikan dalam pelatihan tersebut dapat diaplikasikan oleh warga Desa Sowan Kidul, bahwa penanaman tidak hanya melulu dilakukan secara konvensional dengan menggunakan media tanah, melainkan juga dapat menggunakan media air, tentunya kedua media tersebut berpengaruh terhadap hasil tanaman yang ditanam pada media tanah, tanaman yang di tanam dalam air (hidroponik) lebih segar dan lebih bersih di bandingkan dengan hasil tanam pada media tanah. (Tim KKN-IK IAIN Kudus)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan