MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS DAMPINGI KEGIATAN POS PAUD DESA SOWAN KIDUL

Pos PAUD adalah bentuk layanan atau lembaga PAUD dikelola di pembinaan Pemerintahan Desa. Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul  merupakan setingkat  PAUD yang berstatus SPS (Satuan PAUD Sejenis) didirikan pada tanggal 29 Maret 2020 yang berlokasi  di Jl. Sowan – Tedunan KM 3, RT. 04 RW. 01 Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul didirikan oleh Ibu Mukholifah, S.Pd. Selaku ketua PKK Pokja II Desa Sowan Kidul, kepala lembaganya adalah Ibu Hidayanti  selaku ibu Lurah dan kepala sekolahnya adalah Ibu Dinda Rohmatul Ummah. Berdirinya Pos PAUD  Giri Sentana Sowan Kidul bertujuan untuk menindak lanjuti  mandat dari Pemerintahan Kabupaten yang disampaikan melalui Pemerintahan Kecamatan bahwa setiap desa diharuskan memiliki lembaga Pos PAUD, maka dari itu Kepala Desa Sowan Kidul mendirikan Pos PAUD melalui lembaga PKK yang masuk pada Pokja II.

Sowan Kidul- Sejumlah mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus berpartisipasi dalam kegiatan Pos Paud Giri Sentana (POSPAUD) anak usia dini Desa Sowan Kidul. Kegiatan tersebut berlangsung pada Hari Sabtu (25/092021). Kegiatan tersebut diadakan di baldes.

Antusias masyarakat Desa Sowan Kidul sangatlah tinggi, mereka memberikan respon positif dengan mempercayakan anak mereka untuk belajar di Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul. Siswa- siswi yang belajar di POS PAUD Giri Sentana berasal dari latar belakang keluarga yang berbeda, maka dari itu peran guru dalam melaksanakan pembelajaran juga harus menyesuaikan dengan latarbelakang anak agar pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik. Walaupun masih terbilang baru tetapi lembaga Pos PAUD Giri Sentana Sowan Kidul sudah bisa memungkinkan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar walaupun belum bisa maksimal dikarenakan beberapa kendala diantaranya kurangnya ruang kelas, APE outdoor, dan APE indoor. Dengan berdirinya lembaga Pos PAUD Giri Sentana di Desa Sowan Kidul diharapkan dapat memperbaiki kualitas pendidikan yang ada di Desa Sowan Kidul Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara.

Dita Ayuk S, mahasiswa KKN Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini  yang sedang membantu kegiatan pospaud ini, merasa sangat senang sekali dan mendapat pengalaman baru.

“Saya sangat senang sekali, karena dapat berpartisipasi dalam kegiatan pospaud pada hari ini” terangnya.

Sama seperti Dita Ayuk S, Nurul Faizah mahasiswa KKN Program Studi Pendidikan Agama Islam, mengungkapan perasaan senangnya karena dapat ikut andil dalam kegiatan Pos PAUD anak.

“Ini merupakan pengalaman baru bagi saya bisa ikut membantu kegiatan Pos PAUD  ini” ujarnya. (NKN)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan