MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA TA. 2022

Sowan Kidul- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau di kenal dengan istilah Musrenbangdes merupakan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stake holder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan (RKP). Musrenbangdes adalah forum perencanaan (program) pemerintah desa, yang bekerja sama dengan pemangku kepentingan dan warga. Tujuan Musrenbangdes adalah membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan cara menggali potensi dan sumber-sumber pembangunan yang tidak tersedia baik di dalam maupun di luar desa.

Pada hari Senin (13/09/2021) bertempat di Balai Desa Sowan Kidul, Pemerintah Desa Sowan Kidul telah melaksanakan kegiatan Musrenbangdes yang dihadiri oleh Camat Kedung (yang diwakili Sekcam Kedung), Kasi PMD, Kasi Tapem, Kasi Sos, PD, dan PLD juga RT/RW, Ketua BPD dan anggota, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Anggota KPMD, Anggota Bumdes, Ketua TP PKK, dan anggota Kelompok Pertanian, Perwakilan Karang Taruna serta Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus. Dengan mencermati program-program yang ada RPJMDes dan melalui prosedur sebagaimana yang telah di tetapkan. Akhirnya di sepakati progam-progam apa saja yang masuk kedalam RKPDes Tahun anggaran 2022. Program-program yang belum terlaksana pada tahun 2021, akan menjadi prioritas dalam RKPDes tahun 2022.

Adapun beberapa point yang masuk kedalam RKPDes tahun 2022, antara lain :

  1. Administrasi Pertanahan (Pendaftaran Tanah dan Pemberian Registrasi Agenda Pertanahan)
  2. Insentif/bisyaroh ustadz/guru ngaji mushola.
  3. Penanganan stunting.
  4. Pembangunan pondasi jalan.
  5. Pemberian bantuan kematian bagi warga miskin.
  6. Pelatihan UP2K kelompok khusus (snack catering).
  7. DLL

Dengan diadakannya Musrenbang di Desa Sowan Kidul ini diharapakan akan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa dengan cara melihat potensi dan sumber-sumber pembangunan dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

1 Comment

Tinggalkan Balasan